Minggu, 23 Oktober 2011

RENDERING

Rendering merupakan sebuah proses untuk menghasilkan sebuah citra 2D dari data 3D dimana akan membuat sesuatu yang solid dari model yang telah dibentuk. Proses ini bertujuan untuk untuk memberikan visualisasi pada user mengenai data 3D tersebut melalui monitor atau pencetak yang hanya dapat menampilkan data 2D.
Rendering sering digunakan untuk desain arsitektur, simulator, movie atau juga special effect pada tayangan televisi, dan design visualization. Rendering tidak hanya digunakan pada game programming Model namun ada juga yang digunakan dalam bentuk 3D. 3D Rendering adalah proses yang melibatkan perangkat lunak 3 Dimensi untuk menghasilkan gambar dari model yang telah dibuat sebelumnya. Material dan tekstur yang melibatkan gambar yang dibuat atau sesuai dengan permukaan atau poligon tempat material dan tekstur tersebut berada, sudut pandang dari arah mana objek tersebut dilihat, serta pencahayaan yang diberikan terhadap model 3D dan lingkungan sekitarnya.
Dalam bidang 3D Graphics rendering harus dilakukan secara cermat dan teliti. Maka dari itu terkadang dilakukan pre rendering sebelum rendering dilaksanakan. Per rendering adalah proses pengkomputeran secara intensif ,yang biasa digunakan untuk pembuatan film, menggunakan graphics card dan 3D hardware accelerator untuk penggunaan real time rendering.
Gambar yang dibuat melalui proses rendering digital adalah gambar digital atau raster image, jenis gambar yang biasa kita lihat sehari-hari pada desktop komputer atau wallpaper. Gambar digital tersebut dibuat melalui proses rendering digital sebagai langkah besar terakhir sebelum disusun menjadi animasi. Gambar-gambar digital tersebut diidentifikasi melalui beberapa fitur sebagai berikut
• Shading : mengatur tingkat kecerahan dan warna
• Reflection : pencerminan gambar
• Blur : efek kabur dari obyek yang bergerak
• Refraction : pembelokan cahaya melalui benda padat transparan
• Shadows : efek yang diciptakan oleh cahaya terhalang atau efek bayangan
• Soft shadow : efek cahaya atau bayangan yang terhalang sebagian
• Depth of Field : penampilan objek kabur karena terlalu jauh di depan atau di belakang

sumber :
http://my.opera.com/taniadwy/blog/rendering
http://blog.kursusprivat.com/2011/06/3d-rendering/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar